Sunday, January 13, 2013

Tugas Ekonomi Manajerial



TUGAS MATA KULIAH EKONOMI MANAJERIAL
BUKU ; MICHAEL R. BAYE


Bab 6 . ORGANISASI PERUSAHAAN

1.   Discuss the optimal method for procuring inputs that have well-defined and measurable quality specifications and require highly specialized investments. What are the primary advantages and disadvantages of acquiring inputs through this means? give an example not used in the example in the textbook that uses this method of procurement?
Jawab:
      
Metode pengadaan input yang tepat adalah dengan metode Kontrak. Yang dimaksud kontrak adalah suatu hubungan informal antara pembeli dan penjual dimana tidak satupun pihak berkewajiban untuk memenuhi syarat khusus dalam pertukarannnya.Biasanya kontrak dilakukan pada jangka waktu tertentuyang telah disepakati dan adanya jaminan selama masa kontrak tersebut.
Keuntungan : Mengurangi oportunisme, menghindari skimping pada investasi khusus, menjamin harga yang dapat diterima oleh kedua balah pihak.
Kerugian : Membutuhkan biaya-biaya untuk menyusun kontrak , membutuhkan waktu, muncul adanya biaya-biaya legal, Biaya besar dalam lingkungan yang kompleks.
Contoh: PT. Japfa Santori – Tangerang, sebuah perusahaan agribisnis bergerak di bidang produk unggas, mengadakan kontrak dengan PT Ciomas Adi Satwa untuk pengadaaan bahan baku daging ayam sebagai bahan mentah produk sosis So Nice dan Nugget So Good.

2.   Discuss the optimal method for procuring a modest number of standardized inputs that are sold by many firms in the marketplace. what are the primary advantages and disadvantages of using this method to acquire inputs? give an example not used in the  textbook that uses this method of procurement.
      
Jawab :
Metode yang paling tepat adalah dengan Pertukaran di tempat (SPOT EXCHANGE). Berdasarkan teori (Baye,Michael R. hal.210), Jika tidak ada biaya transaksi dan ada banyak pembeli dan penjual di pasar input maka harga pasar ditentukan oleh perpotongan antara kurva penawaran dan permintaan untuk input, manajer bisa saja menolak jika harga lebih besar dari yang telah ditentukan perpotongan tersebut.
Keuntungannya adalah perusahaan dapat memilih secara acak untuk input input yang standar yang dapat dibeli dari salah satu pemasok yang ada. Jika harga yang ditentukan dari pemasok terpilih lebih besar, maka perusahaan dengan mudah beralih pilihan pada pemasok yang lain.
Kerugiannya adalah pada saat perusahaan menginginkan spesifikasi yang diinginkan, mungkin saja hasilnya adalah input dengan kualitas yang jauh dari yang diinginkan.

3.  identify whether each of the following transactions involves spot exchange, contract or vertical integration.
a)    Barnacle,Inc. has a legal obligation to purchase 2 tons of structural steel per week to manufacture conveyor frames.
Jawab : Kontrak (contract)
b)    Exxon-Mobil uses the oil extracted from its well to produce raw polypropylene, a type of plastic
Jawab: Integrasi Vertikal (vertical integration)
c)     Boat Lifts R Us purchases generic AC motors from a local distributor
Jawab : Pertukaran di tempat (spot exchange)
d)    Kaspar Construction- a home building contractor- purchases 50 pounds of nails from the local Home depot.
Jawab : Pertukaran di tempat (spot exchange)

4.   explain why automobile manufacturers produces their own engines but purchase mirrors from independent suppliers

Jawab:
Produksi mesin merupakan bagian penting dari organisasi manufaktur global. Mesin diproduksi di sini adalah komponen kunci untuk spesifikasi khusus kendaraan yang akan digunakan. Sehingga organisasi manufaktur akan mengabaikan tawaran dari perusahaan walaupun dengan penawaran yang menarik (biaya rendah). Meski tawaran tersebut diakui cukup menggiurkan namun seputar dunia permesinan, perusahaan tidak serta merta menerimanya karena untuk merupakan sebuah big decission, dan diperlukan berbagai feasibility study yang cermat (metode Integrasi Vertikal). 
Pembelian onderdil cermin mobil dari supplier dipilih karena bahan baku dan produk ini bisa didapat  dari para supplier di pasaran (Spot Exchange).
Jadi langkah terbaik bagi perusahaan manufaktur adalah mempelajari karakter dan pola bisnis tersebut secara perlahan namun pasti. Untuk langsung menolak tawaran supplier juga khawatir jangan-jangan ini adalah kans besar yang bisa dijalani. Namun untuk menerima, juga sebesar apa resikonya, harus diteliti dengan baik.



5.   identify the type of specialized investments that each of the following situations requires
a. you hire an employee to operate a machine that only your company uses
Human Capital
Dalam banyak hubungan kerja, pekerja harus belajar ketrampilan khususuntuk bekerja pada perusahaan tertentu. Apabila ketrampilan-ketrampilan tersebut tidak bermanfaat atau tidak dapat dialihkan kepada pemberi kerja lainnya, hal tersebut mencerminkan suatu investasi khusus.

b. an aerosol canning company designs a filling line that can be used only for a particular firms product
Dedicated Assets
Investasi umum yang dibuat oleh perusahaan yang memungkinkan untuk pemenuhan pertukaran dengan pembeli tertentu. Disini, pembukaan jalur baru pada perusahaan pengalengan aerosol akan menguntungkan hanya jika satu perusahaan tertentu sebagai pembeli terbesar produk aerosol tersebut.

c. a company builds a manufacturing facility across the street from its primary buyer
Site Specificity
Sisi khusus terjadi ketika pembeli dan penjual input harus menemukan lokasi bangunan/gedung mereka dekat untuk dapat terlibat dalam pertukaran. 
Hal ini dilakukan untuk meminimalkan biaya transportasi untuk memperoleh produk dari perusahaan rekanan tersebut. Biaya membangun dua pabrik yang berdekatan tersebut merupakan investasi khusus yang akan memiliki sedikit nilai apabila para pihak tidak terlibat dalam kegiatan pertukaran.

6.   describe how a manager who derives satisfaction from both income and shirking allocates a 10-hour day between these activities when paid an annual, fixed salary $125,000.
when this same manager is given an annual, fixed salary of $125,000 and 3 percent of the firm's profit- amounting to $150,000 per year- the manager chooses to work seven hours and shirks for three hours.
explain which of the compensation schemes the manager prefers.

Jawab:
Manajer akan lebih memilih bekerja 7 jam dan memiliki waktu luang sebanyak 3 jam dengan gaji tetap $125,000 dan mendapatkan profit sharing sebesar 3% (sekira $150,000 per tahun) daripada bekerja dengan waktu luang sebesar 10 jam per hari dengan gaji tetap $125,000. Pemberian profit sharing akan meningkatkan kinerja seorang manajer. Pada dasarnya pemberian kompensasi tersebut mendasari seorang pekerja untuk bekerja lebih keras sehingga perusahaan juga akan meningkat profitabilitasnya.

7.   compare the advantages and disadvantages of using spot checks/hidden video cameras in  the workplace and pay for performance pay scemes as means to influence worker performance

Jawab:
Tempat pemeriksa / kamera tersembunyi:
Keuntungan:
1.      Mengurangi biaya pekerja pemantauan.
2.      Mengetahui gerak gerik pekerja, situasi kerja dan kinerja dari setiap karyawan.
Kerugian : kurang kondusif karena tidak ada insentif tambahan untuk karyawan, adanya biaya pemantauan.

Membayar skame:
Keuntungan :
meningkatkan kinerja karena adanya pemberian insentif bagi pekerja yg lebih bekerja keras.
Kerugian : bertambahnya biaya yg dikeluarkan perusahaan.

8.   discuss the impact of the following factors on the optimal method of procuring an input.

     Jawab :
a.   Benefits from specialization (Manfaat dari spesialisasi), berdampak pada
     Berkurangnya manfaat integrasi vertical. meningkatnya biaya transaksi karena proses tawar menawar umumnya diatas harga normal, di bawah harga investasi.
b.   Bureaucracy costs. (birokrasi biaya), Biaya untuk memperoleh input melebihi dan di atas jumlah yang dibayarkan kepada pemasok input. Meliputi :Biaya pencarian, biaya negosiasi,investasi lain yang layak atau pengeluaran
c.   Opportunism on either side of the transaction. (Oportunisme di kedua sisi transaksi.)
d.   Specialized investment. (Khusus investasi.), Suatu pengeluaran yang harus dilakukan yang memungkinkan dua pihak untuk melakukan pertukaran namun hanya sedikit atau tidak terdapat nilai pada setiap alternative penggunaannya. Investasi dibuat untuk memungkinkan dua belah pihak untuk saling bertukar tetapi memiliki sedikit atau tidak ada nilainya di luar hubungan pertukaran. Berdampak pada biaya transaksi yang lebih tinggi bahkan tawar menawar yang berbiaya besar, kurangnya investasi, portunisme dan Mencegah Permasalahan
e.   unspecifiable events (unspecifiable peristiwa), mempersiapkan segala kemungkinan metode, bila satu metode pengadaan seperti spot exchange dan kontrak gagal makan dilakukan metode integrasi vertikal.
f.    Bargaining costs. (Perundingan biaya), meminimalisasi biaya dengan memilih alternative metode yang lain untuk mengoptimalkan keuntungan dari seriap produksi.

9.   Suppose the marginal benefit of writing a contract is $50, independent of its length. find the optimal contract length when the marginal cost of writing a contract of length L is:
a. MC (L) = 10 +2L
b. MC (L) = 5 +2L
c. what happens to the optimal contract length when the marginal cost of writing a contract declines
Jawab :
Diketahui:
MB = $ 50
Ditanya :
Masa Kontrak optimal pada kondisi,
a. MC (L)      =          10 +2L
       Optimal pada MC = MB, maka :
       50         =          10 +2L
       L          =          40/2
       L1        =         20
b. MC (L) = 5 +2L
       Optimal pada MC = MB, maka :
       50         =          5 +2L
       L          =          45/2
       L2        =         22.5

C. what happens to the optimal contract length when the marginal cost   of writing a contract declines

     Bila diilustrasikan dalam bentuk kurva, maka hasilnya adalah seperti tersaji pada Gambar berikut ini:


Masa kontrak optimal mencerminkan ekonomi fundamental trade-off antara biaya marginal (Marginal Cost) dan manfaat marginal (Marginal Benefit) untuk memperpanjang masa kontrak. Apa yang terjadi pada saat biaya marginal untuk memperpanjang masa kontrak menurun ?. Penurunan biaya tersebut seperti tersaji pada Gambar di atas, menurun dari MC1 ke MC2. Kondisi MC dari biaya perpanjangan kontrak menurun artinya bahwa kondisi lingkungan ekonomi lebih kondusif di masa mendatang dan pengadaan input lebih memiliki standard sehingga pada kondisi lingkungan bisnis yang semakin kompleks akan menentukan perusahaan untuk memperpanjang masa kontrak dari  L1 ke L2. Perusahaan akan menyusun kontrak secara tepat dan terstruktur sehingga menjamin harga yang dapat diterima bagi kedua belah pihak.
10. Suppose the marginal cost of writing a contract of length L is MC (L) = 10 + 2L. find the optimal contract length when the marginal benefit of writing a contract is:
a. MB (L) = 100
b. MB (L) = 150
c. what happens to the optimal contract length when the marginal benefit of writing a contract increases

Diketahui:
 MC (L) = 10+ 2L

Ditanya:
Masa kontrak optimal pada kondisi,
a. MB (L) = 100
b. MB (L) = 150
c. what happens to the optimal contract length when the marginal benefit of writing a contract increases

Jawab:
  
Masa kontrak optimal pada kondisi,
a. MB (L) = 100
Kondisi optimal yaitu pada saat MC = MB
MC (L) = 10 + 2L
MC = MB
10+2L               = 100
2L                     = 90
L1                     = 45

b. MB (L) = 150
Kondisi optimal yaitu pada saat MC = MB
MC (L) = 10 + 2L
MC = MB
10+2L               = 150
2L                     = 140
L2                     = 70

c. what happens to the optimal contract length when the marginal benefit   of writing a contract increases
 Kondisi tersebut, dapat digambarkan sebagai berikut:


Masa kontrak optimal mencerminkan ekonomi fundamental trade-off antara biaya marginal (Marginal Cost) dan manfaat marginal (Marginal Benefit) untuk memperpanjang masa kontrak.  Apa yang terjadi pada saat manfaat marginal untuk memperpanjang masa kontrak meningkat ?. Peningkatan manfaat tersebut seperti tersaji pada Gambar di atas, meningkat dari MB1 ke MB2. Perusahaan akan memperpanjang masa kontrak dari  L1 ke L2. Dengan keputusan tersebut, akan menjamin harga yang dapat diterima bagi kedua belah pihak untuk waktu kontrak yang diperpanjang sehingga dapat berhemat pada investasi khusus yang diperlukan untuk pertukaran.

No comments:

Post a Comment

Posting komentar anda disini. No Sara and Pornografi, thanks ^^..