Monday, August 10, 2015

Alternatif Daftar BPJS di Kota Bandung

#Berbagi
Pengalaman hari ini mengenai pemanfaatan layanan BPJS kesehatan.  Sebenarnya,  jujur saya katakan layanan ini kini sangat bermanfaat.  Sebelumnya saya sebagai peserta ASKES,  belum pernah sama sekali menggunakan fasilitas rawat jalan maupun rawat inap.  Bayangannya tidak lain adalah selain antrian,  ya khawatir kalo obat yang digunakan adalah kelas ke sekian.
Hari ini,  mengikuti alur antri tadi demi sebuah layanan BPJS.  Semoga dengan #berbagi tips dan informasi,  teman-teman yang ingin menggunakan layanan ini,  harapannya bisa semakin mudah dan tidak antri lama.

Apa saja syarat dan perlengkapannya?

1. Mendaftar di fasilitas kesehatan tingkat 1
Bisa dilakukan di puskesmas atau klinik dokter yang sudah terintegrasi sistem informasi layanan BPJS. Untuk rujukan dokter spesialis,  dokter di Faskes tk.  1 akan mengupload data kita ke sistem.


2.Mendaftar di RS rujukan,  ambil nomor antrian

Karena domisili saya di sekitar Bandung Timur,  rujukan di RS Al Islam Bandung.
Cara daftar online belum ada fasilitasnya.
Kemudian cara daftar by phone juga sangat susahnya,  2jam operasionalnya, dibuka mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 11 siang. Pengalaman saya,  jaringan selalu sibuk.
Hadir datang langsung,  hanya dibuka dengan kuota 70 nomor dimulai pkl.  6pagi. Sangat kecil peluangnya,  karena ada yang sudah antri dari jam 9 malam.

Alternatif lainnya yang paling mungkin adalah daftar On site. Antrian untuk jangka waktu layanan s.d satu minggu dengan kuota 400 nomor,  dibuka pkl. 8pagi.  Hanya berselang 30 menit, nomor sudah habis terbagi untuk antrian 400 orang.
Jadi kita datang harusnya sebelum pkl. 7 pagi ya..
Antrian saya dapat nomor 354. Ikut antri dari jam 7.30 pagi.

Nah.. Jangan lupa kartu berobat dan kartu BPJS nya ya.. (ASKES).


3.Mendaftar di RS rujukan,  menunggu print out pendaftaran

Dengan nomor antrian 354, saya diberitahu security kembali lagi siang nanti sekira pkl.  14.00 wib.  Ternyata antrian nomor sebanyak itu,  baru dipanggil petugas pkl.  15.30 wib.

‌Nah akhirnya sudah terdaftar di 2hari kemudian pada jadwal dokter spesialis langganan.



No comments:

Post a Comment

Posting komentar anda disini. No Sara and Pornografi, thanks ^^..