Thursday, January 24, 2013

Program Go Green Office Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berkomitmen terhadap terjaganya kelestarian alam. Program Jawa Barat Hijau (Go Green) telah menginspirasi berbagai pihak termasuk pihak institusi yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor (IPB) telah merespons kebijakan tersebut dengan penanaman 1000 pohon jabon pada tahun 2012.

Tak hanya program hijau dengan penanaman pohon, kebijakan tersebut tertuang dalam program Go Green Office di seluruh Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program ini tidak hanya menjadi kewajiban bagi OPD/Dinas yang berkepentingan dalam penerapan kebijakan tersebut namun harus dapat diterapkan oleh semua OPD/Dinas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan oleh semua pegawai baik di kantor maupun di lapangan.


  1. Membuat dan melaksanakan kebijakan perilaku ramah lingkungan bagi seluruh pegawai
  2. Menyosialisasikan perilaku ramah lingkungan kepada seluruh pegawai
  3. Melaksanakan penghematan air dan energi (listrik, BBM)
  4. Menggunakan kertas seefisien mungkin (Implementasi E-Gov)
  5. Memilah sampah sesuai dengan jenisnya (Organik- An Organik)
  6. Melaksanakan kegiatan pengomposan dan Bank Sampah
  7. Mengembangkan Ruang Terbuka Hijau di lingkungan kantor (Green Building)
Bila teringat dengan slogan yang disampaikan oleh Ustadz Aa Gym  bahwa perubahan menuju kebaikan bisa dimulai dari yang terkecil, dari diri sendiri dan dimulai saat ini juga. Tepat sekali rasanya bila penerapan Go Green Office diawali dengan perbuatan yang terkecil misalnya menggunakan kertas pakai kembali, membuang sampah puntung rokok di tempatnya, dan tidak berlebihan menggunakan air di toilet. Mulai saat ini dan dari sendiri adalah paling penting kita lakukan di setiap perubahan menuju kebaikan. Let's save the world.. let's save the nature..

No comments:

Post a Comment

Posting komentar anda disini. No Sara and Pornografi, thanks ^^..